MATRIKULASI BATCH-2/ LEARN HOW TO LEARN /NHW-5
Belajar bagaimana carannya belajar

KURIKULUM UNIK KELUARGA
1. Desain Pembelajaran Anak
Proses pembelajaran difokuskan pada satu tujuan yaitu Alloh SWT. Pada penerapannya dan hasilnya akan dikembalikan kepada takdir.Nya. Indikatorn ilmu berdasarkan kekuatan :
A. Fitrah Iman
     -mengenal Tuhan dan kebesaranNya
     -mengenal Rasul sebagai teladan dan sahabat - sahabatnya
B. Fitrah Akhlak
    -mengetahui diri sendiri (berkepribadian)
    -mengetahui tujuan hidup (surga)
    -menjaga fitrah diri (berprinsip)
C. Fitrah Sosial
    -mencintai pembelajaran dan berbagi
    -mencintai kebaikan hidup sesuai agama
    -mandiri
Ketiga indikator tersebut akan terlaksana dengan baik jika terjadi interaksi khusus antara orang tua dan anak. Hasil yang diperoleh dari proses belajar selalu dievaluasi setiap waktu. Orangtua merupakan fasilitator pengarah anak sesuai dengan panggilan hatinya.
2. Strategi Pembelajaran
A. Fitrah Iman
-peningkatan intelektual untuk lebih mengenal Alloh
-peningkatan iman bersama intelektual
B. Fitrah Akhlak
-peningkatan intelektual sesuai peran yang diambil dan sesuai fitrah
-Moral baik
C. Fitrah Sosial
-kepekaan diri dan sosial
-interaksi sosial
Evaluasi dan pengamatan disesuaikan dengan fitrah anak dan diri sendiri.
3. Pengamatan Gaya Belajar
Macam - macam gaya belajar :
1. Pendekatan Visual
2. Pendekatan Auditory
3. Pendekatan rasa sentuhan (jasmani)
Bisa terjadi kolaborasi ketiga hal tersebut, namun biasanya ada yabg lebih dominan.
Bentuk komunikasi terhadap gaya belajar :
1. Afektif
2. Kognitif
3. Kritis
4. Refleksi
____________________________________________
Berdasarkan indikator dan model kurikulum diatas, maka saya simpulkan metode belajar saya :
Cenderung menggunakan pendekatan Auditory. Saya lebih suka belajar dengan mendengarkan dan akan lebih fokus jika ada suara - suara disekitar. Untuk mempermudah biasanya saya sambil mendengarkan musik, mendengarkan radio,dan rekaman murrotal.
Metode belajar yang sering digunakan :
1. Melihat film / rekaman video
2. Diskusi
3. Workshop
4. Belajar praktek lapangan
5. Mengikuti seminar
Pendek pengamatan yang saya lakukan terhadap komunikasi belajar saya tipe Afektif, untuk menunjang sistem belajar saya saya sering :
1. Membaca biografi orang hebat
2. Senantiasa melihat contoh (AMT : amati, modifikasi, terapkan)
3. Sering mengikuti kegiatan motivasi
Alat - alat belajar yang digunakan :
1. Buku
2. Film / video
3. Rekaman (exp. Webinar)
4. Bedah buku (diskusi)

Demikian model pembelajaran saya, dan model kutikulum yang akan kami terapkan untuk bayi kami kelak. Semoga ada perbaikan untuk kami.

Fitriani Sri Winarsih

Komentar