MATRIKULASI IIP BATCH-2 SESION _4
📚NICE HOME WORK #4

🍀MENDIDIK DENGAN KEKUATAN FIITRAH 🍀
Bismillah, berazzam dan menguatkan diri membuat sejarah sekaligus target
Based :
Nhw_1 belajar ilmu parenting
Nhw_2 melihat cek.list indikator diri
Nhw_3 mengenal misi spesifik.Nya



A. Ilmu parenting dan kecerdasan ibu anakb
B. Mengisi ceklist indikator belum istiqomah, bismillah berusaha
C.Misi Hidup :
-memberikan saran ke orang lain (seringnya wali siswa(bimbel) yang mengajak curhat) terkait anak bahkan tidak hanya urusan belajar.
Sharing bisnis
Bidang : Pendidikan dan perkembangan (psikologi) anak
Peran : konsultan
D. Ilmu - ilmu penunjang :
1. Bunda Sayang : Ilmu-ilmu seputar pengasuhan anak
2. Bunda Cekatan : Ilmu-ilmu seputar manajemen pengelolaan diri dan rumah tangga
3. Bunda Produktif : Ilmu-ilmu seputar minat dan bakat, kemandirian finansial dll.
4. Bunda Shaleha : Ilmu tentang berbagi manfaat kepada banyak orang (berniat belajar dari bukunya)
5. Komunitas parenting
6. Ilmu psikologi (pelatihan,seminar dan belajar darimana saja)
7. Talents mapping (berazzam memiliki)
E. Milestone untuk perjalanan
10.000 ribu jam terbang untuk menjadi profesional.
Tahun 1 belajar ilmu bunda cekatan (belum punya anak)
Tahun 2 belajar ilmu bunda sayang
Tahun 3 belajar ilmu bunda produktif
Tahun 4 belajar ilmu bunda sholeha
Tahun 5 belajar ilmu psikologi

Do - do - do
Berazzam denga sekuat hati menata dan melakukan kembali sejak 0.km perjalanan
2015 januari, 0.km (menikah)
(f.s Winarsih)
🍃Titik 0.km saya mulai di usia 25tahun. Pada tahun pertama menikah ini profesi di ranah publik ditinggalkan untuk mengabdi penuh sebagai Wanita terhormat Ibu Rumah Tangga Profesional.
🍃Dalam segenap proses belajar sedang memantaskan diri sebagai seorang istri fulltime, ternyata sangat tidak mudah. Serasa berperang bersama airmata, sedikit lebay tapi benar ini sejarah saya menjalani proses yang hampir 2 tahun (tergolong newbie). Alhamdulillah dibulan ke dua pernikahan saya bertemu IIP dan akhirnya bergabung dengan IIP Tangsel. Meskipun sebelumnya sudah mengenal bu Septi di Jarimatika (2008) tapi tidak tahu kalau beliau memiliki program IIP, setelah bertemu dengan IIP saya seperti tanaman yang hampir layu kena hujan, bersyukur alhamdulillah, saya benar - benar merasa mendapatkan tempat yang tepat dan ruh yang luar biasa setiap membaca timeline fb Bu Septi dan mengikuti kulwap. (Maaf curhat).
🍃Apa yang merupakan tujuan utama saya belajar parenting sebagai seorang wanita (anak, istri dan ibu ) bertahap - tahap :
-Sebagai anak : berbakti kepada orang tua dan mertua (sekarang)
-Sebagai istri (sesuai pesan suami) :
a. Taat dan patuh pada jalan yg benar
b. Menyenangkan suami
c. Belajar dan terus belajar bersama insan (berbeda) karakter, model pendidikan (dulu), lingkungan dll, intinya belajar memproses komunikasi produktif.
-Sebagai ibu :
Belajar dan terus belajar mengantarkan anak berkembang dan bertumbuh (sesuai) FITRAH lahir yang dianugerahkan sang Maha Segalanya.
🍃Dalam proses tahapan ilmu yang sedang saya pelajari (proses) sampai pada aplikasi bunda Sayang.
Tahapan dan proses 10.000 jam untuk menjadi konsultan yang profesioanl saya breakdown dalam kegiatan harian,mingguan dan bulanan ( masuk dalam cek.list belajar indikator pada nhw.2 )
10.000 jam untuk menjadi profesional
0-1 tahun
Belajar ilmu bunda cekatan berikut aplikasi. Melakukan sharing ilmu bunda cekatan melalui diskusi WA, kuliah WA dan webinar .
1-2 tahun
Belajar ilmu bunda sayang dan aplikasi kepada anak. Bagaimana cara mendidik anak, mengetahui cek list indikator pertumbuhan dan perkembangan anak. Diskusi dengan para ibu, konsultan anak, dan mengikuti kegiatan parenting (saat ini via on.line)

(Dua barisan kurikulum dari IIP diatas yang sudah dibaca dengan aplikasi, namun masih sering sambil buka - buka buku). List selanjutnya yang masi dalam proses perencanaan, meskipun mengunyah terlalu pelan tapi berharap lumatan ilmu benar - benar mendalam.
2-3 tahun belajar ilmu bunda produktif. Kegiatan yang (passion) yang menyenangkan saya sudah saya lakukan sejak 0.km dimulai. Karena tidak bisa  dipungkiri kita membutuhkan mata berbinar - binar untuk menambah kekuatan dan semangat belajar. Di tahun ke tiga ini saya berazzam benar - benar mampu memiliki kemampuan finansial dari kegiatan passion saya tanpa keluar dari ranah bunda sayang dan bunda cekatan. Dan masih bisa bersama mendampingibsi kecil (jika nanti menambah) lagi.
3-4 tahun mempelajari ilmu bunda sholeha. Mengejar arti kebermanfaatan kehidupan saya didunia. Memperjelas proses peran saya, dan ini saya mulai dari diskusi - diskusi ringan dengan teman, saudara dan komunitas. Pada tahun ini sudah mampu membawa peran positif dalam wujud yang nyata dan bisa dijadikan contoh.
4-5 tahun belajar ilmu konsultasi pendidikan anak (pendidikan tidak hanya disekolah). Pertumbuhan dan perkembangan anak dilingkungan sekitar merupakan proses.

Pijakan demi pijakan ini semoga mampu terealisasi dengan baik dan proses memantaskan diri tetap bersinergi dengan diri. Selanjutnya trimakasih matrikulasi iip.

fitriani sri winarsih
Matrikulasi IIP Batch 2/NHW_4

Komentar