Game GB Anak 1

Mengenal Gaya Belajar Anak
Game Level 4 hari ke 1
BUNDA SAYANG


Nama Anak : Yesha
Umur : 11 mo
Note : tabel yang digunakan tidak disertakan dalam tulisan ini. 😊

Proses pengamatan saya terhadap gaya belajarnya saya mulai sejak 4 Bulan, ketika indera penglihatnya mulai bekerja dengan baik (respon).
Saat itu saya beri stimulus dengan mainan handmade dari flanel. Mainan ini saya buat aneka macam warna, ada yang ditempel dan ada yang digantung sangat excited.
Dari hal ini saya menyimpulkan dia adalah tipe Visual.
(Pengamatan bertahap).

Hari ini saya lanjutkan pengamatan dengan berbagai pilihan kegiatan. Hal ini saya maksudkan agar saya bisa menemukan bagian mana yang lebih dominan.
Ketika saya mainkan musik, misal murotal atau musik klasik dia sempat memperhatikan namun responya biasa saja. Mungkin karena sejak di dalam kandungan kedua jenis musik tersebut yang sering dia dengar.
Namun, ketika Musik itu disertai Video dia akan sangat fokus untuk melihat gambar bergerak tersebut.
Disini saya menyimpulkan lagi dia adalah tipe visual.😊

Dalam konteks selanjutnya, karena anak usia ini merupakan masa yang sangat aktif. Maka saat ini di usianya 11mo yang sedang berkembang adalah tipe kinestetis. Dia tidak bisa diam bergerak kesana kemari,manjat, guling - guling, turun, mendorong benda dll.

Pengamatan Hari ini :
1. Visual
-menyukai gambar bergerak ( video)
-menyukai mainan yang berwarna kuning
-sangat detil mengenal warna dan tempat
2. Auditory
(Belum bisa melihat bagian ini)
3. Kinestetik
-suka mengeluarkan isi keranjang baju sampai habis dan dikembalikan lagi
-bisa mengahapus papan tulis dengan masi merambat
-memanjat meja dan selalu menurunkan apapun yang dimeja.
-jika duduk di sepeda, maka benda yang dipegang akan dijatuhkan supaya dia bisa turun dengan menggerakan badanbya ke bawah.
-suka baca buku dengan mengeluarkan suara ala bahasa bayi.

(Masih dalam proses pengamatan berlanjut).
Kegiatan diatas adalah kegiatan yang dilakukan hari ini. Dan biasanya memang sehari - hari dilakukan.

#gayabelajaranak
#gamelevel4iip
#tantanganhari1
#kelasbundasayangiip

Fitriani Sri Winarsih
(Tangerang Selatan)

Komentar