Libur Tlah Tiba Ayo Bermain

LIBUR TLAH TIBA, AYO BERMAIN

By Fitrian De Nisa
Kamis, 14 Desember 2017

Permainan Fisik Tradisional Yang Siang Membuat Libur Sekolahmu Semakin Seru


Saat libur sekolah tiba, anak - anak kadang bingung mau ngapain?? Bahkan orang tuapun ikut bingung juga. Kenapa harus bingung, kita wajib senang saat anak - anak libur, karena kita akan semakin dekat dengan anak - anak. Jangan lupa siapkan jadwal liburan dengan menyenangkan.

Hal ini tidak perlu membutuhkan budget yang besar, kita cukup beraktifitas bersama di rumah, Seperti membuat project memasak bersama, menyulap barang bekas menjadi sesuatu yang unik, ngobrol bersama, membuat baju bersama dan bermain.

Nah, #koncodolanan tentunya kita tidak boleh kehabisan ide dong untuk bermain bersama anak - anak. Yuk kita coba permainan - permainan ini di rumah bersama ananda, dan jangan lupa ajak juga teman - temannya.

Macam - macam dolanan tradisional yang seru untuk mengisi liburan :

 1. Bermain  Lompat Tali

Lompat tali jenis permainan fisik yang melegenda, bahkan permainan ini sangat bagus untuk melatih konsesntrasi. Energi anak - anak itu luar biasa besar sehingga permainan fisik seperti akan membuat mereka semakin bersemangat. Apalagi kalau bermainnya bersama ayah, bunda dan keluarga lainnya.
Cara bermain ada beberapa macam ya :

  • Bermain lompat tali dengan Aturan
 Aturan ini biasa dilakukan oleh 1 atau 2 anak. Jika hanya berdua maka ujung tali bisa diikatkan pada tiang atau pohon. Dan ujung lainnya dipegang anak sesuai kesepakatan bersama. Misal, tinggi tali pas lutut, tinggi tali sesuai pusar, tinggi tali sesuai dada, telinga kepala dan ujung tangan.

Pemain yang bisa menyelesaikan semua lompatan dari awal hingga akhir tanpa gagal dia berhak bermain lagi dan mendapatkan hadiah sesuai kesepakatan. Namun, jika gagal pemain harus berganti memegang tali.

  • Bermain lompat tali berjamaah 
Cara bermain, tali (karet) dipegang dua orang anak di bagian ujung - ujungnya. Kemudian menggerakan tali dengan tangan memutar dengan arah yang sama. Anak - anak bersiap didekat tali (jumlah anak lebih banyak lebih seru),saat tali sampai di bawah mereka maka mereka harus melompat, dan yang gagal dia akan berganti berjaga.
Anak bahagia dan bisa belajar konsentrasi, belajar kekompakan dll.

2. Bermain Gobag Sodor / Galasing /Dong dongsin

Jenis permainan ini adalah permainan berkelompok. Satu kelompok terdiri dari 4 - 5 orang. Setiap kelompok mendapat tugas berjaga di rumah Galasing.
Rumah gagasing didesain dengan membuat empat segiempat yang besar. Pada garis ujung tempat sin, dijaga satu orang, ditengah garis juga dijaga, masing - masing satu orang pada garis vertikal dan horisontal. Dibagian pintu masuk garis pertama juga ada penjaga satu. Saat pemain selesai masuk dan bisa menginjak garis sin tanpa tersentuh penjaga, dia juga harus berusaha keluar dengan selamat dengan mebgucapkan kata DOOR. Artinya dia sukses.

Permainan ini menguji ketangkasan seseorang, sehingga anak - anak pun akan menjadi mawas diri dan selalu sigap dalam menghadapi tantangan hidup.

3. Bermain Ular Naga 
"Ular naga panjangnya, bukan kepalang . . ."
Sudah lama kita tidak mendengar kereta panjang sambil anak - anak bernyanyi ular naga ini, nah kita bisa menyiapkan permainan ini tanpa harus banyak alat yang digunakan.
Cara bermain ada dua anak yang berjaga menjadi gapura,kemudian anak - anak lain berbaris membuat kereta tanpa putus, sesekali waktu nyanyian berhenti dan para penjaga mengangkap anak - anak yang ingin ditangkap. Ayooo bermain lebih cepat supaya tidak tertangkap oleh naga. Ular harus bergerak cepat.

Serunya bermain dan berimajinasi kita seperti ular dan naga. Melatih kekompakan tim dan bekerjasama dalam permainan ini akan meningkatkan cara kita untuk menyikapi masa depan.

4. Bermain Layang - Layang

Layang - layang tetmasuk jenis mainan legendaris. Kalau biasanya anak - anak saka yang bermain layang mari sekarang kita bermain bersama anak - anak. Rasakan sensasi angin bertiup kencang dan layang - layang kita terbang tinggi.

Akan lebih menarik lagi ketika layang - layangnya kita buat sendiri. Bermain layang - layang akan memacu cara berfikir kita, kapan kita akan mengulur dan menarik benang agar layang - layang tetap dalam kondisi keseimbangan. Ajak tubuhmu bergerak dan bergerak, dan nikmatilah indahnya dunia.

5. Bermain Petak Umpet

Wahhhhhhh, bermain petak umpet ! Jadi kangen dengan masa kecil kan??

Cara bermain ada satu orang yang berjaga dan anak - anak lain bersembunyi. Penjaga bertugas mencari anak - anak yang bersembunyi sampai semua ketemu. Setelah semua ketemu maka anak - anak akan berbaris dibelakang penjaga. Dan menyebutkan nomor sesuai urutan anak - anak untuk berjaga. Latihan koordinasi, latihan memanage dan mengatur siasat dalam permainan ini sangat diperlukan. Wah bermain, bergembira ria dan tidak perlu banyak biaya.

Masih ada permainan tradisional lain yang bisa ayah dan bunda mainkan bersama - sama si kecil di rumah. Nah latihan permainan fisik ini akan mampu mengatasi kejenuhan anak.

Setiap permainan ini akan mengasah kreatifitas dan imajinasi anak - anak. Jangan lupa BERI DIA KESEMPATAN !

"Dalam bermain , anak tidak pernah main - main"

Selamat Bermain,
SALAM DOLANAN


Komentar